Siapa Saja 500 Muslim Berpengaruh di Dunia Tahun 2012 Ini?

MENGGAMBARKAN dampak dari peristiwa dunia saat ini di dunia Muslim, daftar tahunan 500 Muslim paling berpengaruh di dunia kembali hadir untuk membantu masyarakat memahami jalan Islam yang berbeda dan dampak umat Islam dunia saat ini.
“Publikasi menetapkan untuk memastikan pengaruh beberapa tokoh Muslim terhadap komunitas ini, atau atas nama masyarakat,” tulis pimpinan redaksi buku Abdallah Schleifer, seorang profesor emeritus pada Universitas Amerika di Kairo, dalam isi pengantar buku tersebut.
“Pengaruh bisa berasal dari seorang ulama agama yang langsung menangani masalah umat Islam serta mempengaruhi keyakinan mereka, ide-ide dan perilaku, atau para penguasa Muslim yang berhasil membentuk faktor sosio-ekonomi di mana masyarakat menjalani kehidupan mereka,” tambahnya.
The Muslim 500: The 500 Most Influential Muslims 2012, merupakan bagian keempat dalam seri yang dimulai pada tahun 2009 oleh Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC) di Amman.
Laporan ini dikeluarkan setiap tahun bekerjasama dengan Pusat Pangeran Al-Waleed Bin Talal untuk Pemahaman Muslim-Kristen di George Town University di Amerika Serikat.
Buku ini dimulai dengan daftar top keseluruhan 50 Muslim berpengaruh, kemudian menyurvei 450 Muslim lainnya yang paling menonjol dalam 15 kategori, mulai politik, media, seni, ilmu pengetahuan dan pembangunan, namun tanpa peringkat.
Sepuluh posisi teratas adalah para pemimpin politik dan agama.
Daftar teratas sebagai Muslim paling berpengaruh di dunia untuk tahun kedua berturut-turut dalam buku ini adalah Raja Saudi Abdullah bin Abdulaziz, penanggung jawab dua Masjid Suci, dinobatkan sebagai Muslim paling berpengaruh tahun 2012.
Dia diikuti oleh Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan pada urutan No.2.
Setelah Erdogan adalah Raja Maroko, Muhammad VI yang mengambil posisi tempat ketiga.
Tempat keempat jatuh ke tangan ke Dr Muhammad Badie, Mursyid ‘Aam (panduan tertinggi) gerakan Ikhwanul Muslimin, yang namanya muncul dalam 10 besar Muslim berpengaruh untuk pertama kalinya.
Dia diikuti oleh Emir Qatar Syaikh Hamad Bin Khalifa Al-Thani yang mengambil tempat kelima.
Syaikul Azhar Dr Ahmad Al-Thayyib dan ulama terkemuka Syaikh Dr Yusuf Al-Qaradhawi yang merupakan pesiden Asosiasi Global Cendekiawan Muslim, juga berhasil mencapai 10 peringkat teratas.
RISSC yang menerbitkan daftar ini adalah entitas penelitian independen yang berafiliasi dengan Royal Aal al-Bayt for Islamic Thought.
Sedangkan Royal Aal al-Bayt for Islamic Thought adalah lembaga Islam internasional non-pemerintah dan independen yang berkantor pusat di Amman, ibukota Kerajaan Yordania.(fq/oi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s